Minggu, 13 Januari 2013

Tradisi Mekotek

 Tradisi Mekotek

kali ini saya akan memberikan informasi tentang tradisi-tradisi lain yang ada di Bali.
Tradisi Mekotek adalah salah satu tradisi yang sudah dilaksanakan turun temurun oleh masyarakat di daerah Munggu. Mungu adalah sebuah desa kecil yang terletak sekitar 10 kilo meter di sebelah barat kota Denpasar dan terhitung masuk kedalam kecamatan Mengwi, Badung. Desa kecil dengan rumah-rumah yang padat tipikal desa-desa kecil yang ada di Bali pada umumnya, jalannya kecil beraspal dan memiliki 12 Banjar yang jaraknya hampir berdekatan antara Banjar satu dengan Banjar lainnya. Persawahan justru banyak saya temui diluar areal pusat desa terutama wilayah bagian barat desa.
tradisi Mekotek atau yang lebih di kenal dengan istilah Ngerebek biasanya dilaksanakan setiap Hari Raya Kuninagan yang biasanya jatuh setiap 6 bulan penanggalan Bali. Konon tradisi ini dilakukan karena dulu desa ini mengalami "grubug" yaitu meninggalnya penduduk desa secara terus menerus tanpa sebab yang pasti.






tradisi mekotek ini sengaja melibatkan anak-anak muda dengan tujuan memperkenalkan tradisi ini agar generasi muda menegtahui tradisi ini dan bisa melestarikannya.

0 komentar:

Posting Komentar